Manfaat Lidah buaya, resep, dan cara membuat masker

Advertisement

Manfaat Lidah buaya, resep, dan cara membuat masker

Renda Ralinsta
Selasa, 23 Juni 2020
Komentar

Lidah buaya ini nama tumbuhan ya teman teman. Lidah buaya merupakan tumbuhan berdaging tebal yang biasanya hidup di iklim tropis. Tau gak sih, kalo lidah buaya mempunyai kelangsungan hidup yang sangat lama. Ternyata cara berkembangbiak tumbuhan lidah buaya ini membuat tunas disebelah induknya. Sehingga ketika lidah buaya menua dan mati, ia akan meneruskan kehidupan tunas berikutnya. Lidah buaya sering disebut Aloe Vera nih karena berasal dari genus Aloe.

Kita pasti sering menemukan olahan makanan dan minuman dari lidah buaya. Kenapa ya? Ternyata lidah buaya memiliki segudang manfaat dan khasiat. Baik dalam kesehatan, maupun kecantikan. Apa saja itu? yuk simak


Manfaat Lidah Buaya

Nah pada tau gak kalo lidah buaya ternyata ini sangat bermanfaat untuk kulit, rambut, dan dayatahan tubuh. Kok bisa? simak yuk apasaja kandungan yang ada pada lidah buaya ini.

Kandungan pada Lidah Buaya

Ternyata kandungannya yang sangat baik membuat lidah buaya ini sangat bermanfaat yaa. lidah buaya menganding Vitamin antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, Vitamin E, juga terdapat asam folat dan koline. Untuk kandungan enzim nya, Tumbuhan ini mengandung enzim aliase, alkalin fosfat, karboksipeptidase, enzim amilase, bradikinase, selulase, enzim lipase , peroksidase dan catalase. kalo etalase sih bukan enzim yaa

mineral yang terkandung Manganese, calsium, cuprum, calium, selenium, chromium, magnesium, natrium dan zink. Juga terdapat asam lemak seperti cholestrol, beta sitosterol, camphestol, dan lupeol. juga terdapat gula glukosa, fruktosa, dan polisakrida. Kandungan lainnya seperti aloin, auksin, emodin dan giberelin

Setelah tau manfaatnya, pasti kita langsung ingin mengkonsumsinya. Selain lidah buaya mudah didapatkan, mengolahnya pun mudah loh. Aku jadi ga sabar nih mau bikin. Nih aku kasih tau beberapa olahan dari tanaman yang satu ini.

Olahan Lidah Buaya yang cocok

  • Es Lidah buaya. Segar sekali rasanya potongan lidah buaya kotak-kotak dicampur dengan sirup dan biji selasih diminum siang siang
  • Ice Coffee Aloevera. Ternyata cocok juga loh mencampur lidah buaya dengan es kopi.
  • Aloe Vera Smoothies. Untuk yang ga tau smoothies, cara membuatnya yaitu dengan memblender susu cair, dan esbatu, dan buah yaa. Nah kali ini, buah yang dipakai yaitu lidah buaya
  • salad buah. Nah lidah buaya bisa dijadikan campuran salad buah yaa. Cara membuat salad buah yaitu dengan mencampur aneka buah termasuk lidah buaya, dengan bumbu salad buah. Bumbunya terbuat dari campuran yogurt, susu kental, mayonnaise, dan parutan keju

Emangnih Lidah buaya selain enak dan bagus untuk pencernaan, ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit dan menyembuhkan luka juga loh. Untuk menyembuhkan luka, cukup potong daun lidah buaya, dan oleskan daging lidah buaya pada kulit yang terluka. Diamkan sebentar hingga mengering. Jangan lama-lama karena akan gatal. Jika sudah, segera cuci yaa. Pasti bakteri pada mati, dan luka akan cepat  sembuh.

Masker Lidah Buaya

Masker lidah buaya adalah masker yang lagi ngetrend saat ini. Baik itu masker rambut maupun masker wajah.

Masker lidah buaya untuk rambut

masker lidah buaya untuk rambut sangat cocok untuk kulit kepala kering dan berketombe. Lidah buaya juga mengandung banyak vitamin, kolin dan asamfolat,yang mampu membuat rambut kita lebih kuat, mengatasi ketombe dan mampu mencegah dan mengurangi rontok. Kandungan Enzime dan antiradang pada lidah buaya menutrisi rambut kita dan tidak mengakibatkan iritasi pada kulit kepala kita. Cara menggunakannya cukup mudah.
  1. Temen-temen bisa mengupas kulit lidah buaya dan menyerut daging lidah buaya menggunakansendok.
  2. Bisa juga dengan menambahkan minyak kelapa murni ataupun minyak kemiri agar tidak terlalu lengket.
  3. Aduk merata keseluruh rambut
  4. Diamkan selama 30menit
  5. Bilas

Masker lidah buaya untuk muka

Masker lidah buaya biasanya kita bisa dapatkan di toko kosmetik, baik berupa bubuk maupun masker lembaran. Tau gak sih kalo masker lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mempersihkan pori-pori, mengatasi bakteri yang menyebabkan jerawat dan membuat kulit makin cerah dan glowing. cara membuat nya sangatlah mudah.
  1. Gunakan cairan lidah buaya ataupun lidah buaya yg sudah dihaluskan
  2. Anda bisa memilih untuk Campurkan sedikit sari lemon jika anda ingin membersihkan pori pori dan mengatasi kuman penyebab jerawat.
    Atau anda bisa mencampur lidah buaya dengan kayumanis dan madu jika ingin memiliki kulit bersih, cerah, dan Glowing
  3. Diamkan 30menit
  4. Bilas

Hati-hati juga terhadap penggunaan masker wajah lidah buaya yaa jika temen-temen punya alergi kulit. Biasanya jika memiliki alergi terhadap bawang dan bunga tulip, akan berkemungkinan memiliki alergi terhadap lidah buaya. Jadi stop penggunaan jika timbul gejala alergi

cukup sudah sedikit penjelasanku tentang lidah buaya ini. Semoga bermanfaat ya untuk temen-temen. Bila suka silahkan share. Jangan lupa cantumkan sumber yaa